Health and Wealth

Your weekly resources about health and wealth

Air Putih -Perlukah?

leave a comment »

Manusia bisa bertahan hidup selama 30 hari tanpa makanan, tetapi bisa meninggal karena tidak minum air selama 3 hari. Pada dasarnya, tubuh mengandung 45-55 liter air. Kandungan ini mencapai 40-50% dari tubuh kita. Dalam tubuh kita, air sangat diperlukan agar tekanan darah normal dan pemompaan jantung berlangsung dengan baik.

Kebanyakan orang hanya minum ketika merasa haus. Rasa haus merupakan sinyal bahwa tubuh kita sudah mengalami dehidrasi. Dr. James M. Rippe, kardiolog dan direktur latihan di Sekolah Medis Massachusetts, menyarankan untuk minum paling sedikit 1 l lebih banyak dari apa yang dibutuhkan rasa haus Anda.

Rippe menekankan, orang yang tinggal di daerah beriklim tropis harus lebih memperhatikan kehilangan dan penggantian cairan ini. Kehilangan 4% cairan saja akan mengakibatkan penurunan kinerja Anda sebanyak 22%. Jika kehilangan cairan lebih dari 7%, Anda mulai merasa lemah, lesu, dan pusing-pusing. Karena itu, dianjurkan untuk minum dengan cukup meski belum merasa haus.

10 manfaat minum air putih:

1. Memperlancar sistem pencernaan.

Dengan rajin minum air putih, proses pencernaan di dalam tubuh kita akan menjadi lancar. Hal ini berakibat kita bisa terhindar dari masalah pencernaan seperti maag atau sembelit.

2. Perawatan kulit.

Jika kita kekurangan air, tubuh akan secara otomatis menyerap kandungan air dalam kulit sehingga kulit menjadi kering dan berkerut. Selain itu, air putih dapat melembabkan dan menyehatkan kulit. Untuk menjaga kecantikan pun, kebersihan tubuh harus benar-benar diperhatikan, ditambah lagi minum air putih 8 – 10 gelas sehari.

3. Menyehatkan ginjal.

Ginjal mempunyai fungsi untuk menyaring zat-zat yang sudah tidak terpakai oleh tubuh yang disaring melalui darah. Kekurangan air pada darah akan membuat darah mengental dan akan membuat kerja ginjal akan semakin berat karena harus menyaring darah kental, dimana jika hal ini dibiarkan secara terus-menerus, akan menimbulkan kerusakan pada organ ginjal kita.

4. Meningkatkan daya kerja otak.

Sel-sel otak merupakan salah satu bagian tubuh yang membutuhkan makanan dan oksigen dalam jumlah yang besar, dimana makanan tersebut datang melalui darah. Dengan kondisi darah yang kental akibat kekurangan air akan mengakibatkan sel-sel otak tidak mendapatkan asupan makanan dan oksigen secara optimal dan hal ini akan menurunkan daya kerja otak. Dan sebaliknya jika darah mengalir lancar ke otak maka asupan makanan dan oksigen ke otak akan semakin optimal juga dan ini akan meningkatkan daya kerja otak kita.

5. Menurunkan stress.

Sebanyak 85 persen dari jaringan otak terdiri dari air. Jika kekurangan air, tubuh dan pikiran akan stress.

6. Meningkatkan energi.

Dehidrasi alias kekurangan cairan membuat tubuh merasa lelah. Air membantu transportasi oksigen darah dan nutrisi penting lainnya ke sel-sel tubuh. Jika tubuh cukup air, jantung kerja lebih santai untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

7. Menurunkan berat badan.

Air putih membantu merasa kenyang dan melancarkan metabolisme. Ganti minuman soda atau manis yang sarat kalori dengan air. Minumlah air putih sebelum makan untuk membantu merasa lebih kenyang. Terutama jika minum minuman dingin. Tubuh harus bekerja untuk menghangatkan air. Ini akan membakar kalori lebih banyak daripada air biasa.

8. Membangun otot.

Minum air membantu mencegah kram otot. Air menjadi pelumas bagi sendi dalam tubuh. Bila tubuh cukup cairan, Anda bisa berolah raga lebih lama dan lebih berat.

9. Relaksasi.

Ketika mandi, pancuran air yang jatuh ke tubuh terasa seperti pijatan dan mampu menghilangkan rasa capek karena terasa seperti dipijat. Sejumlah pakar pengobatan alternatif mengatakan, bahwa bersentuhan dengan air mancur, berjalan-jalan di sekitar air terjun, atau sungai dan taman dengan banyak pancuran, akan memperoleh khasiat ion-ion negatif. Ion-ion negatif yang timbul karena butiran-butiran air yang berbenturan itu bisa meredakan rasa sakit, menetralkan racun, memerangi penyakit, serta membantu menyerap dan memanfaatkan oksigen. Ion negatif dalam aliran darah akan mempercepat pengiriman oksigen ke dalam sel dan jaringan.

Bukan itu saja jika mengalami ketegangan otot dapat dilegakan dengan mandi air hangat bersuhu sekitar 37 derajat C. Selagi kaki terasa pegal kita sering dianjurkan untuk merendam kaki dengan air hangat dicampur sedikit garam.

10. Kesuburan.

Meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita.

Written by acha

29/05/2011 at 08:30

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: