Health and Wealth

Your weekly resources about health and wealth

Dexamethason

leave a comment »

Dexamethason dapat dengan mudah ditemukan pada warung-warung kelontong di sekitar rumah. Biasanya, dexamethason digunakan oleh orang tua untuk mengobati pegal-pegal atau gatal. Selain itu, dexamethason juga sering disebut obat dewa. Ada yang menggunakannya sebagai obat flu dan asma.

Ternyata, penggunaan dexamethason berlebih akan meningkatkan proses glukoneogenesis, sehingga badan terlihat semakin kurus. Selain itu, ada juga efek imunosupresif, yang mana akan menurunkan daya tahan seseorang. Penaikan berat badan, wajah moon face (bulat), kaki dan tangan bagian atas lebih gemuk, adanya lemak di bahu dan di bawah tengkuk, serta kemerahan di perut.

Penggunaan dexamethason sebaiknya dengan sepengetahuan dokter, sehingga dapat disesuaikan antara dosis pemakaian dan kebutuhannya. Jika digunakan tanpa sepengetahuan dokter, dan penggunaannya sudah lama, jika dihentikan akan membuat tubuh menjadi sangat lemah dan bisa berakibat karena kematian.

Dexamethason merupakan glukokortikoid sintesis. Glukokortikoid dihasilkan oleh kelenjar adrenal pada bagian korteks. Stres bisa meningkatkan sekresi kelenjar adrenal.

Selain dexamethason, ada juga betametason dan prednisolon, yang fungsinya sama. Adanya udema (penumpukan cairan di bagian tertentu), rasa cemas maupun gelisah, jerawat, maupun terjadinya osteoporosis merupakan efek samping dari obat ini.

Written by acha

12/03/2011 at 15:51

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: