Health and Wealth

Your weekly resources about health and wealth

Tidur

leave a comment »

Tidur seringkali dianggap aktivitas yang tidak terlalu penting. Padahal sebenarnya, dengan tidur kita bisa mendapatkan berbagai manfaat. Seperti lagunya Rhoma Irama, “Begadang jangan begadang.. Kalau tiada gunanya..”

Dengan tidur yang cukup, dapat dibuktikan bahwa kekebalan tubuh meningkat dan tidur merupakan obat kecantikan alami. Dengan tidur, kita bisa mendapatkan mata dan kulit yang cerah serta rambut yang terlihat sehat dan berkilau.

Lewat pemaparan Dr Lily G Karmel MA dari Fit n Chic Family Fitness dalam seminar, berikut penggalan waktu tubuh melakukan detoksifikasi alami saat tidur:

21.00 – 23.00 : secara alami melakukan detoksifikasi tubuh dan pertumbuhan. Umumnya, proses pertumbuhan pada anak-anak terjadi pada waktu ini. Karena itu, jangan biarkan si kecil tidur lebih dari pukul 9 malam.

23.00 – 01.00 : terjadi proses pembersihan liver atau hati

01.00 – 03.00: detoksifikasi empedu

03.00 – 05.00: detoksifikasi paru-paru

05.00-07.00 : detoksifikasi usus besar

Tidur memang tidak perlu lama-lama. Paling tidak untuk orang dewasa, dibutuhkan tidur 8 jam sehari. Yang paling penting adalah tidur berkualitas, yaitu tidur yang ditandai dengan adanya rasa bugar saat banngun tidur dan badan segar sepanjang hari.

Jika kita kekurangan tidur, hal ini akan berdampak pada daya ingat, konsentrasi dan daya pikir yang menurun. Kurang tidur juga bisa memacu obesitas dan kegemukan karena seseorang yang kurang tidur cenderung mencari makanan yang manis dan berlemak. Selain itu, kurang tidur juga bisa meningkatkan gula darah dalam tubuh atau diabetes.

Sebaliknya, dengan tidur kita bisa memperoleh kecerdasan, ketelitian, kreativitas, kemampuan mental dan emosional serta menjaga mood seseorang. Tidur juga bisa meremajakan kembali fungsi sel-sel tubuh dan memperbaiki metabolisme tubuh.

Banyak cara untuk memperoleh kualitas tidur. Di antaranya dengan melakukan olahraga ringan sebelum tidur. Jauhi hal-hal yang dapat membuat tidur kurang nyenyak. Di antaranya makan terlalu kenyang, makan yang mengandung tinggi lemak dan kolesterol dan konsumsi kafein dengan waktu 4-6 jam sebelum tidur sehingga dapat merangsang otak.

Written by acha

07/02/2011 at 19:33

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: