Health and Wealth

Your weekly resources about health and wealth

Bisnis Rumahan

leave a comment »

Memulai bisnis itu gampang-gampang susah. Susah kalau sudah merasa susah duluan. Gampang kalau sudah tahu bagaimana caranya menjalankan dan mendapat hasil dari bisnis tersebut. Modal seringkali menjadi hambatan seseorang dalam memulai usaha. Padahal, ada tidaknya modal bukanlah penentu utama suatu keberhasilan dalam bisnis.

Modal yang paling utama dalam bisnis seseorang adalah kemauan keras dari diri sendiri. Coba bayangkan, jika Anda tidak mempunyai kemauan yang keras, dan bisnis Anda belum berjalan stabil, dan Anda mulai putus asa? Bayangkan kalau seandainya tinggal selangkah lagi Anda maju dari tempat Anda semula. Betapa menyesalnya Anda.

Bisnis rumahan, bisa dijadikan alternatif untuk para calon pengusaha yang duitnya minim. Berikut tips memulai bisnis rumahan dari saya:

  • Menyiapkan segala persiapan.

Mulai dari memilih ide bisnis yang akan dijalankan, persiapkan lokasi yang ingin Anda gunakan (bisa di rumah atau sewa tempat yang tidak jauh dari rumah), target pasar bisnis Anda, sampai peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha. Sehingga bisnis rumahan yang Anda jalankan, dapat berjalan dengan lancar.

  • Menggali segala potensi yang bisa Anda manfaatkan.

Tidak perlu barang baru sebetulnya. Jika mendesak, pilihlah barang yang memang Anda butuhkan. Hal ini bisa digunakan untuk meminimalisir biaya operasional.

  • Kelola bisnis Anda secara profesional.

Profesional disini berarti Anda harus bisa membedakan uang yang akan dipakai untuk usaha dan uang untuk keperluan keluarga. Selain itu, pengalokasian waktu juga harus dijalankan. Coba bayangkan, kalau ada pembeli yang sekadar lewat tapi melihat toko Anda tutup malah jadi tidak membeli. Rugi, bukan?

  • Jika Anda membutuhkan tenaga kerja untuk membantu operasional usaha, lebih baik rekrutlah masyarakat yang ada di sekitar Anda.
  • Action!!!! Setelah semua perencanaan tersusun dengan matang, selanjutnya adalah LAKUKAN.

Untuk pemasaran produk, Anda bisa memanfaatkan sistem word of mouth. Dimana, ketika Anda berhasil mempromosikan produk Anda dan teman Anda merasa puas, dia akan mereferensikannya kepada orang lain. Hal ini terbukti sekali untuk menggenjot pemasaran. Selain itu, waktu arisan, kumpul keluarga maupun dari kantor, bawalah produk Anda dan tawarkan kepada teman teman Anda.

Semoga berhasil!

Written by acha

07/02/2011 at 20:04

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: